Thursday, June 9, 2011

Linux

Linux Interface

Kernel Structure
Mengontrol perangkat keras dan melaksanakan berbagai tugas, antara lain :
Pelayanan tanggal dan jam sistem
Manajemen file dan penanganan security
Pelayanan operasi output dan input
Manajemen dan penjadwalan proses
Manajemen memori

Processes in Linux
Setiap proses diberi nomor khusus sebagai identifikasi yang disebut Process Identification berupa angka Interger unik.
Jika Proses Terminated , maka PID dibebaskan kembali
System call fork () : Parent & Child

Linux Shell
Shell adalah program (penterjemah perintah) yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini kernel ( inti sistem operasi ), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command).


Linux File System
  • /etc (etcetra), Merupakan salah satu direktori yang sangat penting karena berisi file-file konfigurasi system seperti Control Panel yang dimiliki Windows.
  • /opt, Biasanya diisi program –program tambahan yang diperlukan.
  • /proc, (segala sesuatu yang berhubungan dengan sistem. ex : Driver) Merupakan virtual file system yang berisi berbaai macam infomasi mengenai system resource yang ada didalam computer.
  • /root, Merupakan home direktori root / administrator / superuser
  • /sbin, (system binari), Berisi program yang dibutuhkan untuk melakukan adminitrasi system.
  • /tmp, Direktori ini digunakan oleh system untuk menyimpan file-file sementara.
  • /lib, Berisi program, library, dokumentasi dan sebagainya yang dapat digunakan oleh semua user.
  • /var, Untuk menyimpan semua file variable dan file-file sementara yang dibuat oleh user.
  • /home, Direktori yang berisi rumah atau home user yang ada pada system.

Keunggulan Linux

Salah satu keunggulan Linux yang tidak dimiliki dan tak akan pernah dimiliki oleh microsoft windows adalah sifatnya yang Open Source,dimana anda bebas dalam membagikan software hasil kreasi anda tersebut keteman- teman anda dengan bebas tanpa perlu takut melanggar hukum.

Linux portable merupakan salah satu keunggulan Linux yang tidak dapat diterapkan pada microsoft windows secara legal, Dengan sebuah CD-ROM atau usbflash disk anda dapat merasakan Linux tanpa melakukan partisi harddisk

Keunggulan Linux live CD adalah ia dapat membaca partisi windows dengan mode baca tulis baik FAT32 maupun NTFS.

Dapat menjalankan aplikasi windows,dengan adanya WINE kini beberapa software yang berjalan pada microsoft windows dapat berjalan pada linux hal ini tentu saja berbeda dengan windows yang tidak dapat menjalankan aplikasi Linux secara langsung.


Satu Paket yang lengkap ,jika anda yang membeli windows Original dan menginstallnya maka anda hanya akan mendapatkan sistem operasi itu saja tanpa adanya aplikasi lain.Berbeda dengan linux yang telah dibundel dengan aplikasi Office,Compiler,Multimedia,Editor Web dan masih banyak lagi dan hebatnya anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak seperti pada windows.


Kekurangan Linux

Terlalu banyak pilihan Distro
ini adalah salah satu kekurangan linux yang pertama,terutama bagi pengguna baru.banyaknya distro yang mencapai ratusan membuat para pemula dilinux atau orang yang ingin bermigrasi kelinux harus pusing memilih distro yang cocok untuk keperluannya. misalnya masing masing distro membuat manajemen paket yang berbeda,paket yang berbeda,pengguna yang berbeda,tool administarasi yang berbeda dan seterusnya.

Minimnya dukungan teknis resmi
Linux dikembangkan oleh komunitas,maka linux datang dengan dukungan komunitas,bagi pengguna biasa,hal ini tentunya bukan masalah,namun bagaimana dengan pengguna kantoran,perusahaan atau kantor pemerintah?
ini merupakan masalah besar,karena software di kalangan tersebut dipakai untuk produktifitas dan bahkan diantaranya menangani sistem kritis,seperti perbankan.
Seandainya ada dukungan teknis pun biasanya cukup mahal,misal dukungan dari redhat ataupun suse.

Banyaknya istilah teknis.
Linux merupakan salah satu keluarga sistem opeasi UNIX.oleh karenanya kebanyakan pengguna adalah administrator jaringan atapun orang yang suka ngoprek linux.Bagi kebanyakan pemakai komputer,linux penuh dengan istilah yang terkesan rumit dan terlalu teknikal.dengan ini,orang cenderung menganggap linux susah untuk dipelajari.

kurangnya dukungan dukungan hardware.
Ini juga salah satu kendala utama dari linux.Walaupun dukungan hardware di linux makin hari makin baik,namun untuk device tertentu seperti wifi,dukungan linux masih terbatas,begitu juga dengan hardware keluaran terbaru.biasanya tidak bisa dijalankan dilinux.Seandainya bisapun,penggunaan hardware tersebut tidak optimal karena umumnya hardware dikenali sebagai periferal generik.

 Minimalnya aplikasi Killer.
Sedikti sekali sofware dilinux yang sejajar kemampunanya dengan aplikasi sejenis di windows,sebenarnya linux mempunyai begitu banyak aplikasi(contoh: freshmeat.net atau sf.net) namun umumnya software yang dirilis masih berupa alpha atau beta,RC, intinya bukan untuk keperluan produktif.sebagian dari software free dilinux lebih banyak diisi oleh software untuk server dan pengembanga software.

Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.

No comments:

Post a Comment